Kamis, 08 November 2012

Mengenal Internet

Internet (Interconnected-Networking) merupakan sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar diseluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (chat), diskusi (email, milis, Usenet News), sumebr daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan lain-lain.

Pertama kali saya mengenal dan menggunakan internet adalah pada saat saya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Yang membuat saya mengenal internet bukanlah pelajaran TIK, melainkan PLKJ. Pada saat itu, guru saya memberi tugas membuat artikel yang bersumber dari internet. Saat itulah saya terpaksa mengenal internet. Dia yang mengajarkan bagaimana cara browsing menggunakan internet, karena murid di kelas saya belum banyak yang tahu dan mengerti memakai internet.


Kelas 9 SMP saya mendapat tugas untuk membuat dan mengirim e-mail. Saya tidak mengerti bagaimana cara membuatnya, apalagi harus mengirimkan sebuah e-mail. Akhirnya, ada seorang teman saya yang sok pintar menawarkan saya untuk dibuatkan e-mail. Karena di rumah saya tidak mempunyai internet, saya pun meng-iya-kan tawarannya. HOREEE!!!  


Dia bertanya, apakah saya mau menggunakan yahoo, msn, atau plasa. Apa itu Yahoo? Apa itu MSN? Apa itu Plasa? Sudah jelas saya tidak tahu, kenapa ditanya seperti itu? Ada 2 kemungkinan; Dia ingin terlihat pintar atau Dia ingin menunjukkan kebodohan saya. Entahlah. Lho, kenapa jadi ngomongin orang? :D


Oke, lanjut.


Karena sudah seminggu e-mail yang dibuat teman tak kunjung selesai, maka saya memutuskan untuk membuat sendiri. Saya dan teman-teman saya membuat e-mail di warnet. Karena kami pengguna internet pemula, membuat 1 e-mail saja menghabiskan waktu 1 jam. Tetapi ada kepuasan dan kebanggaan sendiri setelah itu. Dan inilah e-mail pertama saya: nova_freezebluez@yahoo.co.id :D


Setelah e-mail, saya mengenal social networking. Pada saat itu, jejaring sosial yang terkenal adalah Friendster. Saya mengenal friendster dari teman saya yang saat itu sedang membukanya di warnet. Saya tertarik dan memintanya untuk dibuatkan akun. Dari friendster, mendapat banyak teman baru dari seluruh dunia dan belajar banyak hal. Kegiatan nge-blog pun, pertama kali saya lakukan di bulletin friendster.


Memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA), saya mengenal situs jejaring sosial lainnya yaitu facebook. Setelah adanya facebook, lalu friendster mulai berkurang peminatnya dan mulai ditinggalkan. Setelah facebook, saya mengenal twitter. Berbeda dengan friendster dan facebook, twitter merupakan jejaring sosial yang lebih simpel karena kita tidak perlu mengirimkan request pertemanan. Kita hanya mem-follow dan di-follow. Tidak saling mem-follow pun kita masih bisa mengirim tweet (mention) ke orang lain.


Ada situs jejaring sosial yang lebih simpel lagi karena kita tidak perlu membuat akun, yaitu Omegle. Yup, di omegle kita tidak perlu log in untuk chat dengan orang lain. Kita hanya berbicara dengan orang asing secara random. Bisa juga kita pilih berdasarkan hobi/kesukaan kita.


Selain itu, saya juga mengenal beberapa chat and social networking lainnya. Mulai dari plurk, formspring, Y!Messenger, Skype, dan lain-lain. Saya sempat mempunyai akun hampir di semua situs jejaring sosial, namun tidak semua aktif dan lupa e-mail/username dan password.


Berikut beberapa chat and social network saya yang masih aktif:


Facebook          : Nova Syubiana
Twitter             : @_nopah
Y!Messenger     : syubiananova@rocketmail.com
Skype              : syubiananova
Line                : nopah
Instagram        : supernovaxx
Dan lupa lagi. Hehehehe :D

Selain e-mail dan social networking, saya juga mengenal blog. Pertama kali saya mengenal blog yaitu pada saat saya memasang internet di rumah yaitu saat saya duduk di kelas 10 SMA. Sebenarnya, saya sudah melakukan kegiatan blogging pada saat menulis bulletin di friendster. Tapi kali ini saya belajar blogging sungguhan. Dulu, blog saya aktif dan menceritakan keseharian saya. Tapi lama-kelamaan, seiring dengan padatnya jadwal sekolah sehingga saya tidak ada waktu untuk blogging. Sekarang saya sudah lupa dengan blog itu. Memasuki perguruan tinggi, ternyata kampus mengharuskan saya mempunyai blog. Dan saya membuat blog ini untuk keperluan tugas kuliah. :D

Banyak sekali kegunaan dari internet. Mulai dari memudahkan pekerjaan, mencari informasi, menambah wawasan dan memperluas pertemanan. Tetapi internet juga mempunyai kekurangan yaitu dengan adanya game online membuat orang menjadi malas belajar. Selain itu juga banyak situs-situs yang kurang mendidik dan dapat merugikan orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar